trotoar yang malang

5 12 2008

Waktu berangkat menuju sky radio sekitar jam 19. 30, di tengah jalan, tepatnya di perempatan pasar lama, saya melihat sebuah truk yang ban bagian kirinya terperosok ke dalam trotoar. Saya kurang tahu pasti apakah truk itu sengaja parkir di pinggir jalan lalu kemudian terperosok atau truk itu akan berbelok ke kiri namun dikarenakan jalan yang penuh oleh pengendara yang lain yang berhenti pada saat lampu merah, sehingga memaksa sopir truk itu mengambil jalur sebelah kiri sampai-sampai memakan jatah trotoar, namun malangnya trotoar itu tidak mampu menahan beban truk tersebut akhirnya hancur dengan sukses.

Ini foto yang sempat saya ambil langsung dari tekape:

trotoarnya ancur khan...?trotoarnya ancur khan…?

So…? Bertambah lagi fasilitas umum yang rusak gara-gara besi bermesin itu, setelah begitu banyaknya rentetan kerusakan-kerusakan yang lain khususnya yang menyangkut jalan umum yang sudah tidak karuan lagi wujudnya.

Satu catatan lagi mengenai perempatan pasar lama, dari pengamatan saya selama ini yang biasa melewati perempatan tersebut, saya seeeeeeeeeeeeering sekali melihat adanya pelanggaran lalu lintas di sana, khususnya melanggar lampu merah. Dibandingkan dengan perempatan-perempatan yang lain, saya rasa di sana yang paling banyak terjadi pelanggaran lampu lalu lintas. Entah mengapa semua itu bisa terjadi, apakah ruas jalan yang terlalu kecil sehingga membuat mereka nekat untuk nyelonong saja? Ataukah karena tidak adanya petugas yang berjaga di sana? Karena memang tidak ada pos penjagaan di sekitar sana… Ah entahlah…

Masih mending kalau melanggar lampu merah di atas jam 12 malam, karena memang tidak banyak orang yang berlalu-lalang, tapi yang jadi masalah di saat traffic jam pun mereka (oknum-oknum tersebut maksud saya) tidak segan-segan untuk melanggar lampu merah seenak dengkulnya. Dan biasanya, itu tidak dilakukan oleh satu atau dua orang saja, tapi banyak sodara-sodara… Walaupun tidak semua, tapi sekali lagi, banyak…

Kalau sudah jatuh korban, siapa yang harus disalahkan…?


Actions

Information

9 responses

5 12 2008
Pakacil

waduhh.. sepanjang yg pernah saya alami… *hayyaahhh* daerah situ memang salah satu yang paling crowded lalu lintasnya, dan yang salah bagi saya adalah PARA PENGGUNA alias MANUSIA-nya yang susah diatur. Saya juga jarang sekali melihat petugas kepolisian lalu lintas di daerah situ kalau tak mau dikatakan tak pernah melihat mereka mengatur.

Saya selalu merasa tertekan dan stress kalau lewat situ… ngeriii…😥

5 12 2008
ManusiaSuper

Ini neh, akibatnya dari bikin SIM nembak… Belum tau aturan sudah pegang kendaraan. Mirip-mirip ngasih senjata ke anak-anak usia SMP…

5 12 2008
alfian

@ pakacil & manusia super

sangat setuju ma sampeyan berdua…

5 12 2008
Dhani_Yadi ("Pengangguran Menulis Mimpi")

Untuk waktu itu naik 3307 jadi bisa naik – naik ke trotoar klo ada macetttttttttttttttttttttttttttt

al says:

3307 itu kendaraan ente yah?
ati-ati lho, trotoar didesain buat pejalan kaki, pada titik tertentu ngga bakalan bisa nahan beban yang berlebihan… apalagi kalo trotoarnya dibikin seadanya karena sebagian materialnya dimakan sama bapak-bapak pembuat proyek… bisa-bisa jadi trotoar berkualitas krupuk…

5 12 2008
artzetche

yaaa…gitu deeeehhh be je em..
dah seperlima abad q berdomisili di bjm, banyka perubahan …
salah satunya ya kaya kalian sebut tadi.. CROWDED!
dulu jam8 pagi masih bisa jalan kaki dan menghirup udara sejuk,sekarang????
puanas buanget!
mungkin supir truk yang tadi gara2 kepanasan jadix ga konsen nyetir en nyungsep!
heheheehehehehehehehehehehehehehehehe .^o^.

al says:

save our earth…

5 12 2008
Rizal

ituLah knapa naMa jaLannya jadi Pasar Lama …
Coba kaLau Pasar Baru seMuanya biSa BeruBah,
seMuanya aKan beruBah jadi Baru…nGgak aDa Lagi keMaceTan & pLanggaran lalu Lintas…
*Hehehe … nGGak NYamBUng …*

bukan masalah nama, tapi mindset nya yang lama… itu yang perlu diubah…

7 12 2008
yessymuchtar

iya bener…malang banget trotoarnya….kasian deh ….

hiks….

terharu …

*apaan si Yes!??!*

al says:

terimakasih mbak udah ikut prihatin.. kesian keluarga yang ditinggalkan… *tambah parah*

7 12 2008
Andrie Callista

Hmm.. Sepertinya badan jalan harus dilebarin agar truk tidak menabrak torotoar, atau buat jalan alternatif aja biar truk tak lagi masuk kejalan umum.. Menyusahkan!

Untuk masalah lampu merah disekitar wilayah tersebut, periode waktu dalam menunggu lampunya agar cepat hijau sangatlah lama, apa lagi dengan adanya digital angka yang menghitung lama periode lampu merah harus menyala. Bosan dengan waktu yang lama tersebut, sehingga banyak orang yang bosan dan tak menghiraukan lampu merah tersebut!

al says:

setuju truck angkutan make jalur khusus…
FYI, traffic light yang saya maksud belum make digital timer…
kalo yang pake timer sebenernya bagus,berasa jadi valentino rossi nunggu lampu hijau buat start… halah ngaco…

7 12 2008
sandi

weits rumahku di parak pasar lama.. amnalah jalan yang rusak. kok kada lihat aku..

al says:

trotoarnya memasuki jalan sulawesi, deket lampu merah, kalo belok kiri ke arah pasar lama, belok kanan ke s.parman… tapi sekarang dah “diberesin”, jadi seolah-olah ngga terjadi apa2… orang banjar emang kreatippp…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: