sisi lain dari perkuliahan

20 12 2008

Setelah 3 semester hampir 4 menjadi Mahasiswa di sebuah Universitas di Banjarmasin, banyak hal yang bisa saya pelajari dan amati, salah satunya adalah sisi lain perilaku mahasiswa/i ketika ‘mengikuti’ perkuliahan.

Ternyata banyak sekali aktifitas ‘selingan’ yang dilakukan ketika perkuliahan sedang berlangsung, hal ini menjadi sisi lain yang menarik untuk saya amati, entah karena saya ini berpura-pura untuk kritis, atau karena saya kurang kerjaan…?

Mau tau hasil pengamatan iseng saya?

Berikut beberapa ritual ‘selingan’ yang biasa dilakukan di dalam kelas:

1. Tidur

Tidur di kelas…? Yep, hal ini pernah dilakukan beberapa teman saya yang notabenenya (maaf sebelumnya) aktivis kampus, bukan bermaksud menjelek-jelekkan mereka, dan perlu diingat ini hanya beberapa, saya tidak mengatakan semua aktivis kampus seperti itu. Saya berkesimpulan sendiri bahwa mereka memiliki jadwal yang padat untuk aktivitas kampusnya di siang hari, kemudian kembali bercengkrama dengan Tuhan ketika malam sudah semakin larut, mereka hanyut dalam kesyahduan shalat malam, tadarrus al qur’an, muhasabah diri, yang kadang dilakukan sampai pagi menjelang. Otomatis mereka yang memiliki pola hidup seperti ini memiliki waktu istirahat yang sangat kurang, dampaknya? Terjadi proses pemejaman mata ketika mengikuti kuliah… tssaaaah… bilang aja tidur… susah amat…

Tapi tipe seperti mereka masih lebih baik ketimbang mahasiswa-mahasiswa lain yang mengantuk karena bergadang tidak karuan seperti saya. Namun, terlepas dari mereka aktivis atau bukan, sebaiknya lebih bisa me-manage waktu sebaik mungkin. Toh tujuan utama orang tua membiayai kita untuk kuliah dan blogging bukan…?

2. Melukis/Menggambar

Nah, kalo ini dilakukan teman-teman saya yang memiliki bakat berlebih dalam hal lukis-melukis, dengan alasan bete mendengarkan khutbah dosen, akhirnya diambillah sebiji kertas dan sepotong pulpen (pemilihan kata yang salah dech kayaknya…) dan terciptalah lukisan-lukisan yang pada awalnya hanya bersemayam di otak dan kemudian berhasil dituangkan ke sebiji kertas tadi. 

3. Mendengarkan musik

Aktifitas yang satu ini memang salah satu cara yang tepat untuk mengusir suntuk ketika perkuliahan berlangsung, untuk para mahasiswa akan sedikit sulit melakukan ini ketimbang dengan mahasiswi yang bisa terbantu dengan adanya rambut panjang di kepala mereka, atau jilbab yang menutup kepala mereka, dengan begitu tali-temali earphone ato headset dengan aman tertutupi. Kesiaaaan dech kaum cowok…

4. SMS-an

Saya…!!! *tunjuk tangan*

Yaaa,  saya akui ini aktivitas yang paling sering saya lakukan ketika mengikuti kelas, entah sms-an dengan orang-orang di luar kelas atau dengan teman-teman sekelas. (Udah sekelas masih aja sms-an… Fffiiuuhhh…)

5. Curhat

Beeuuhhh, ngumpul sama teman pas lagi ada masalah, apalagi kalo bukan curhat tentang masalah itu sendiri… Biasanya sich cewek-cewek yang seperti ini, dan topik yang paling sering dibahas apalagi kalau bukan makhluk tuhan yang bernama “pria/laki-laki/cowok/buaya,” atau apapun sinonimnya. Yang terakhir bukan saya… sumpee deeeh…:mrgreen:

6. Ngobrol

Ngobrol mungkin kurang lebih sama dengan point 5 di atas, namun mengenai isi yang agaknya lebih ringan, entah ngobrolin dosen, gosipin temen, rencana nonton bareng,  atau membicarakan ketampanan saya. 

note: tolong jangan ditimpuk :mrgreen:


Sebenarnya masih banyak kegiatan lain yang tentunya tidak bisa saya amati semuanya, dan perlu ditekankan lagi bahwa tidak semua mahasiswa/i berperilaku seperti ini, masih banyak mereka semoga saya termasuk walaupun kadang-kadang yang benar-benar serius dalam mengikuti kegiatan perkuliahan.

Entah point-point di atas memang sudah menjadi adat yang mendarah daging sejak dulu, atau dikarenakan kondisi perkuliahan yang mendukung untuk itu?

Bayangkan bagaimana riuh dan panasnya kelas ketika satu ruang kelas harus dihuni ratusan kepala, berhadapan dengan seorang dosen dengan fasilitas sound system yang buruk. 

Anda jangan kaget melihat kenyataan tersebut, kelas dengan ratusan mahasiswa/i sama dengan sangat jauh dari standar kenyamanan, jauh dari ketentraman, dan koar-koar dosen hanya bisa ditangkap oleh mereka yang berniat serius kuliah untuk belajar,  sisanya? Nothing.

Dan semuanya pernah saya dapati di kampus tercinta saya.

Intinya selain masalah dalam diri mahasiswa itu sendiri, fasilitas yang minim dan daya tarik dosen itu sendiri juga mendukung terjadinya proses “kuliah tetapi tidak kuliah”. 


Sedikit pertanyaan saya: 

Bagaimana dengan pendapat anda yang pernah menjadi mahasiswa/pelajar tentang hal ini…?

Bagaimana dengan pendapat anda yang sekarang masih berstatus mahasiswa/pelajar tentang hal ini…?

Bagaimana dengan pendapat anda yang sekarang menjadi pengajar/dosen dalam menghadapi masalah ini…?

Bagaimana dengan… eemmm…  siapapun anda dalam menanggapi hal ini…?

 

Terakhir….


Bagaimana kalau kita menuntun Akhmad Dhani yang mengatakan blogger kurang kerjaan…?

Anda bingung…? Saya juga kalo begitu…

Ngambil slogan yang pernah ditulis Raditya Dika :

“Salam pipis, love and gaul…”

Chiaaaooo…





Actions

Information

17 responses

20 12 2008
agunk agriza

ga beda jauh sama sekolah biasa ya😉

ahmad dhani tuh yg kurang kerjaan .. hhi
msa wkt mw bkin blog dlu pke acara pmotretan ..
eh skrg2 malah blg klo blogger itu org kurang kerjaan🙂

al says:

lebih parah dari sekolah kayaknya, kalo sekolah kadang paling banyak sampai 40 siswa aja, kalo di kampus bisa ratusan chuy…
leebbiihhhhh… *iklan mode on*

akhmad dhani…?
sapa tuh? orang ngetop bukan…?
anak mana?
*mode o’on*

20 12 2008
Syams Ideris

Ah, jadi terkenang masa kuliah dulu. Jadi malu nih saya karena sejujurnya pernah juga melakukan “sisi lain kuliah” yang nomor 1, 2, 5 dan 6.
(***mudahan bapak ibu dosenku nggak ada yang baca komen saya ini***)

al says:

yaah begitulah pak…
namanya juga masa-masa muda, kadang karena keasyikan jadi lupa untuk menghargai guru/dosen yang memberikan ilmu pada kita…
dan sekarang? bagaimana anda yang berada pada posisi sebagai pemberi ilmu…? sering dicuekin ngga pak…?🙂

20 12 2008
Hai Syifa !

Emang semua kuliahan kaya gitu ya?

al says:

well, di kampus saya ngga semua mata kuliah mengalami keadaan seperti di atas, biasanya terjadi pada mata kuliah umum yang makhluknya bejibun…

21 12 2008
Sii Eby

yang pasti…
pas kuliah saya g pernah tidur….. *bearti yang lainnya pernah dunks???*😀

al says:

kalo saya 4 sama 6 yang biasa dilakuin, point 3 juga biasa tapi sebelum dosen masuk, kalo tidur kita sama, saya juga ngga pernah…

21 12 2008
Pakacil

wow… ternyata saya memang luar biasa. karena kalau lagi mengikuti perkuliahan dalam kelas, saya lebih banyak membaca buku, tak pernah tidur.

cuma, yg saya lupa, judul-judul novel dan buku lainnya yg saya baca.😀

al says:

Wekekekekek… Iya bener pakacil… “Membaca” kayaknya harus ditambah nich ke dalam listnya, soalnya saya juga kadang suka baca-baca di kelas…hihihi…

21 12 2008
Ramdan

Waktu kuliah dulu saya ga pernah ngelakuin yag no 4. Karena waktu itu HP dan pulsa masih SANGT Mahal.

Tp Paling sering ngelakuin yang No. 2

al says:

wah kalo sekarang sebaliknya, sms gratis di mana-mana, perang tarif…
makanya bisa make semaunya…
no.2?
berarti pinter ngelukis yaa?
kalo saya disuruh gambar garis lurus aja sudah bisa dipastiak hasilnya bakal mencong ke sana kemari… ngga ada bakat lukis…hehe…

22 12 2008
mu2t .^^>

klo gw semuanya pernah kecuali yg no.3 (mendengarkan musik paz lagi kuliah), coz secara gw gak pake krudung (wlaw berambut panjang) tapi teteup takut keliatan dosen! kan gw tar jadi guru juga, panutan murid2 di sekolah, sooooo jadi tau deh gimana perasaan si dosen kalo muridnya lagi gak konek alias ga memperhatikan! hehehe (sok rajin, pdhl sering ketiduran jg)
jadi cuma bisa ngobrol dikit trus perhatiin dosen…
curhat dikit trus perhatiin dosen…
smsn trus perhatiin dosen…
sampai kiamat gitu terus…!!!!
gyahahahahahaahahahahahahahahahha

masalah ahmad dhani ato dhani ahmad tadi, gw tau dya tu mr. sensational, caper n aligator! eh.. arogan+diktator! huuuuuuu
jdi smua yg dya blg gak usah ditanggappin!

sekian pidato ga mutu gw..!

met hari ibu temen2
i luv my mom!
i luv my mom!
i luv my mom!
i luv my mom!
i luv my mom!
.^_^.

23 12 2008
Anton

Wah, baru kali ini bisa mampir ke blog anda. Salam kenal dari sekretaris komunitas blogger pahuluan. Kapan nih bisa umpat kopdar. Jum’at ini kopdar lho dikandangan.

al says:

terima kasih atas kunjungannya…
*beres-beres rumah ada pejabat datang*😀

Kalo jum’at ini kayaknya masih belum bisa ikut, Insya Allah kalo tidak ada halangan saya ikut bareng teman2 di kayuhbaimbai…

salam buat semua blogger pahuluan…
sukses slalu…

24 12 2008
aceng

kuliah tu sebenernya gak usah dengerin dosen,,, biarin aja dia ngoceh ndiri karena salah satu kegagalan bangsa ini dalam menegakan demokrasi dan mengentaskan pengangguran adalah karena seringnya mahasiswa dengerin dosen ngoceh apalagi kalo dengernya serius banget….

saya kuliah gak pernah dengerin dosen buktinya lulus juga malah cepet dapat kerja lagi,,, sebagai info dulu mah waktu saya kuliah yang sering saya lakukan adalah ngegambar sketsa wajah dosen trus di share ke temen2 ‘n menta komentarnya (mungkin karena dulu saya belum kenal yang namanya ngeblog) hik hik hik..hik,,,,

al says:

karena seringnya mahasiswa dengerin dosen “ngoceh” <—-
ngoceh yang anda maksudkan di sini ngoceh seperti apa? sekedar pepesan kosong atau dosen tersebut menyampaikan ilmu? kalo sekedar pepesan kosong silakan untuk tidak peduli terhadap dosen itu, namun kalau ilmu yang mereka sampaikan, saya rasa bukan kesalahan untuk didengarkan…

ngga pernah dengerin dosen waktu kuliah, itu artinya anda mahasiswa yang hebat…
sampai saat ini saya masih menganggap dosen sebagai salah satu sumber ilmu, orang-orang yang melakukan amal jariyah, karena ilmu yang mereka sampaikan akan selalu bermanfaat…

kalau boleh tau pendapat anda, bagaimana caranya apabila semua mahasiswa ngga dengerin dosen lantas bisa menegakkan demokrasi dan mengurangi angka pengangguran…?

terima kasih atas kunjungannya…🙂

24 12 2008
hera

hahahaa.. saya c biasanya cuma 4 n 6 aja… palagi yang mau dikerjain??daripada ngantuk tapi ga bisa tidur???(gara2 duduk didepan c..hehehehe)

eh,eh,, tapi jangan salah,,…. saya malah hampiiiir aja ketiduran pas ujian….!!!!
saya masih ingat pas itu ujian fisika (lupa, semester 2 kayanya), saya gak denger pas dipanggil2 teman saya untuk balikin kalkulatornya, eh, saya malah mpir jatuh dari tumpuan tangan saya gara2 tersadar…itulah salah satu resiko belajar SKS,,, wkwkwkwk…

(ip’s,,tapi saya ampuhnya memang SKS c,,, kalo nyicil saya malah lupa2 gitu…heheheheeehh)

al says:

tidur pas ujian?
wekekekek… aja-aja ada…:mrgreen:
tapi bener, kadang saya make pola SKS juga kalo ujian, alesannya sama, kalo nyicil jadi kelupaan…

24 12 2008
scouteng

survey yang cukup bagus

al says:

yah iseng-iseng ngga berhadiah…hihihi…

24 12 2008
angga

kalo saya sie paling sering ngobrol, hihi… kalau tidur pernah sekali gak sengaja.. pas bangun tau2 udah pada bubar.. akakkaka…

al says:

untung ngga sampe nginep ketiduran di kampus yaa…:mrgreen:

24 12 2008
soulharmony

mojok

al says:

pengalaman…?

25 12 2008
sandi

Kalau saya yang nomor 2 hahahaha.. sayang khan bakat dipenfa aja hahhahaha kasian deh kuliah gak ada lagi pelajaranan kesenian rupa🙂

al says:

yaa wajarlah ngga ada, secara kuliah yang ente ambil English For Bussiness khan…?🙂

30 12 2008
cheche

emangny di ulam 1 kelas isiny berapa v ? noh . . tulisanny ampe “ratusan kepala”, gila . . lebay agh . . . masa buanyak banget jemaatny ? muwh sholat berjamaah bu ?? hehehe

al says:

untuk mata kuliah umum biasanya digabung 5-6 kelas…
so, can u imagine that…?

31 12 2008
yessymuchtar

ouw kalo gue pasti mendengarkan dosen dengan baik dan benar…gimana ya..gue kan gak gaul gituhh…kutu buku yang pinter di musuhin gak punya temen gituhhhh..gimana yaaa….maksudd loooo

*pingsan*

1 01 2009
djanong

Haha..kalo kuliah di tempatku, tambah lagi satu poin: makan! tapi yg kecil2 saja. biasanya permen, biar ndak ngantuk pas nyimak kuliah *220 orang sekali masuk*. salam kenal!🙂

al says:

220 orang…?
wuih mantep…hahaha…
bener, permen kayaknya juga bakal jadi temen yang oke buat di kelas…🙂
salam kenal juga…

Leave a Reply

