Finally…

15 01 2009

Hari ini, hari terakhir final test, semuanya sudah selesai, setidaknya untuk semester ini, tinggal menunggu nilai-nilai hasil dari perjuangan saya bergulat dengan buku-buku, begadang sampai pagi hanya demi ngeblog memantapkan materi yang telah saya terima sepanjang semester ini, belum lagi perjuangan menahan godaan.

Tidak bisa saya pungkiri bahwa adat “cheating” sudah mendarah daging terjadi diberbagai test. Tidak bisa saya pungkiri pula hal ini sempat menggoyahkan saya, ketika saya sadari semester ini merupakan semester yang bisa dibilang terberat dibanding dua semester sebelumnya, di mana saya merasakan management waktu saya yang begitu kacau, dengan aktivitas kuliah, cuap-cuap sendirian siaran dan ditambah lagi kadang jaga warnet di luar dua kegiatan yang saya sebutkan sebelumnya, ditambah lagi kebiasaan begadang yang sepertinya sudah menjadi gaya hidup, membuat jam istirahat otomatis berkurang yang tentu berdampak pada kesehatan dan semangat ketika mengikuti perkuliahan. Hal ini yang mungkin membuat saya kurang fokus dalam perkuliahan yang berakibat kurangnya menyerap ilmu ketika kuliah, ujung-ujungnya kekhawatiran itu datang ketika saya final, kekhawatiran apakah saya mampu menghadapi final ini dengan baik tanpa mengulang “adat” lama yang sudah saya tinggalkan.

Namun, alhamdulillah, tingkat kepedean saya dalam menghadapi final sangat berpengaruh di sini, di tengah kekhawatiran itu, high self confident inilah yang membuat saya mantap menghadapi final. Just do my best. Tidak peduli saat itu apakah saya sudah menguasai semua materi atau belum, yang penting pede…🙂

Final yang saya pikir akan sangat berat, akhirnya bisa dilalui tanpa harus mematahkan prinsip saya sendiri.

Kembali ke masalah “adat” lama, ternyata banyak hal yang membuat mahasiswa melakukan semua itu, dari keinginan mendapat nilai tinggi (pasti), kurangnya kepercayaan diri, sampai pada keadaan kelas yang mendukung untuk terjadinya kecurangan itu.

Di hari pertama final, di kelas saya, sepertinya hampir semua oknum mahasiswa bisa tersenyum lebar, kenapa? Karena dosen yang menjadi pengawas pada hari itu sangat bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya, yakni dengan “tidur”, iya TIDUR!!! Bayangkan saudara-saudara, dosen pengawas ujian tidur di saat final berlangsung, terlepas beliau memiliki alasan atau tidak untuk pembenaran tidurnya beliau itu, hal ini sudah mengecewakan penilaian saya terhadap beliau yang merupakan salah satu dosen senior di kampus saya. Saya yang duduk dibarisan kedua dari depan dengan sangat mudah mengambil pose beliau ketika tidur, namun demi menjaga nama baik, sepertinya tidak perlu saya publikasikan.

*jaga-jaga aja sapa tau ntar bisa dijadikan kartu As*

*ketawa setan*

Hari kedua, mata kuliah umum, sebelumnya dosen yang bersangkutan di pohon mengatakan soal yang keluar adalah soal-soal yang berkaitan dengan nalar. Akhirnya, tanpa belajar sebelumnya, dengan santai saya duduk di barisan depan (sudah jadi hobby duduk di depan), sesaat setelah membagikan soal dan lembar jawaban, sang dosen mengumumkan kepada kami bahwa kami boleh open book…

Anjrittt..!!! Saya yang sudah berpikir bahwa hanya akan mengandalkan nalar sama sekali tidak berpikiran untuk membawa materi perkuliahan, berbeda dengan mahasiswa lain yang bisa dengan jumawa tertawa karena bisa open book.

But, thanks to god, ternyata kembali dosen mengumumkan kami boleh mencari bahan jawaban melalui internet, “silahkan gunakan hapenya kalau bisa dipakai buat browsing”, beuuhh, ini dia yang saya tunggu.

*ketidakkonsistenan dosen kadang menguntungkan*:mrgreen:

Tanpa tedeng aling-aling (jjiiaah bahasanya) saya langsung browsing untuk mencari referensi jawaban, sementara banyak mahasiswa yang sibuk oper-operan makalah materi kuliah. Dengan waktu yang singkat, saya bisa menyelesaikan final hari itu. Bahkan di dalam kelas saya sempat smsan sebentar dengan nona yang satu ini. Bukan salah dia memang, karena waktu dia sms, saya mengatakan sedang berada di kampus, tidak secara jelas mengatakan sedang menghadapi final.

*tenang Ju, ngga ganggu koq*

Hari selanjutnya, ternyata tidak saya saja yang suka smsan di kelas, tetapi pengawas ujian pun begitu, saya juga sempat mengambil foto  pengawas yang asyik smsan pada saat mengawas ujian. Fotonya cukup jadi arsip aja…hehehe…

Terlepas dari pengawas yang kadang teledor, tentu masih ada pengawas-pengawas yang benar-benar bertanggung jawab akan tugasnya.

*angkat topi untuk mereka*

Sampai hari terakhir final, sudah ada beberapa mata kuliah yang dikoreksi dan hasilnya tidak terlalu mengecewakan buat saya. Semoga nilai mata kuliah yang lain juga begitu.

Tadi sore sempat melihat beberapa nilai teman-teman yang lain, yang kesian melihat nilai salah satu teman yang bisa dikatakan sangat rendah, ironisnya teman saya yang lain yang mencontek ke dia lebih tinggi nilainya… (rugi banget khan?)
*geleng-geleng pala prihatin*

Sudah dulu ah, cukup sekian postingan yang menyatakan kemerdekaan saya akan derita perjuangan final test.

Holiday…holiday…holiday… Here I come…!!!

*joget-joget di jembatan*

note: trims buat do’a teman-teman semua…:)

Ngepost sambil dengerin lagunya Michael Heart – We Will Not Go Down, sebuah lagu yang didedikasikan untuk rakyat Palestina. Berulang-ulang satu lagu ini saya mainkan di playlist saya. Trims juga buat Takin buat linknya.



Actions

Information

14 responses

15 01 2009
syafwan

Selamat Al. Selamat merdeka. Freedom. he..he..he…

===> Tadi sore sempat melihat beberapa nilai teman-teman yang lain, yang kesian melihat nilai salah satu teman yang bisa dikatakan sangat rendah, ironisnya teman saya yang lain yang mencontek ke dia lebih tinggi nilainya… (rugi banget khan?)
*geleng-geleng pala prihatin*

===> itu karena sang dosen punya indera ke 6. atau karena hukum karma…. he..ho…

al says:

terlepas dari karma ato bukan, yang jelas itu salah satu bukti betapa “cheating” bener2 bisa merugikan…

15 01 2009
Pakacil

ihihihi, jadi ingat dulu waktu kuliah di Malang (sebelum kul. di Malang), pas ujian ada teman yang sengaja bawa koran terbaru, kebetulan ujian dapat jam paling pagi. Koran di bawa dengan alasan, diketahui dengan pasti bahwa hobi sang dosen adalah baca koran.
Akhirnya koran itu memang dipinjam sang dosen pengawas.
Teman saya pun tertawa puasss…🙄

al says:

hahaha… pakacil ngasih info salah satu trik mengalihkan perhatian dosen pengawas…

15 01 2009
heny

salam kenal…makasih udah silaturahmi ke blog saya….wah blog ini bagus banget, saya mau tukeran link ya!!!!….btw, kalau nyontek sebenarnya kan membohongi diri….so, untuk adik-adikku yang masih kuliah tetap semangat untuk belajar ya, supaya tidak lagi terbersit fikiran untuk menyontek….mahasiswa kan suka mendemo kebrobrokan pemerintah…so, mahasiswa juga harus menampilkan jati diri yang positif….belajar yes, menyontek no…..

al says:

iyaaa setuju ma kakaaaaaaaaaaakkk… *anak TK* mode on
trims kunjungan baliknya..🙂
tuker link? hayoo, capa takud…?

15 01 2009
nia

udah bisa kumpul² lagi dunk Alv???

al says:

iyeph bener bangets mbak nia…🙂

15 01 2009
aidicard

Bro ada award n PR nah.. di gawi lah.. kunjungi http://my-simpleblog.blogspot.com/2009/01/hmmdapat-award-ya.html

al says:

ouma, hanyar tuntung final, ada PR pulang lah…hihihi…:mrgreen:
trims chuy…

15 01 2009
Sarah Luna

Bagus.. baguus… Dah tuntung final artinyaaaa….
Siaran..siaran..siaraaaan..!!
hahhaha…

al says:

oummaa, mama jua…
izin ke bali kapan ma…? kekekek…

15 01 2009
Dillah

sepppp bro’….
sma2 za ku baru za habis final…. horeeeeeee

Ol trus….

al says:

yepz… balik lagi ke dunia blog…hehehe…

15 01 2009
kie2

waah dah lama gak ngerasain final … hehehe

16 01 2009
ahsani taqwiem

moga nilai kita bgus broooo, hehehe
btw, mau ikut lomba blog, inponya ada di blog ane,,,, hehehe

al says:

amiiinnnnnnnnn…

thx infonya…:)

16 01 2009
cheche

canggih ia dosen sekarang ? pas final bole nyari jawaban lewat inet ? aghhh . . coba pas UAN jg gitu,, bole nyari jawaban lewat inet (dan YM biar bisa chatt sambil tukeran jawaban) haghaghaghhhh

al says:

makanya buruan lulus…hahaha…

17 01 2009
Finally… : Komunitas Blogger Kalimantan Selatan

[…] Oleh : Alveean […]

17 01 2009
cheche

masuk koran . . . . . masuk koran !! hag hag !! aio dosen” FKIP b.ing ! mahasiswa anda yg satu ini nakal sekali,, ngata”in lwt blog ! krgn ajh nilainy pak, bu ! muahaha

al says:

ampun pak… ampun…
bukan saya… sumpeh bukan saya…

18 01 2009
ManusiaSuper

Dosennya siapa tuh? Via japri saja jawabnya kalau takut kena DO😛

al says:

whehehe…penasaran yaa pak…?
sssssssssttt, masih rahasia…
kalo dosennya pas baca radar kmrn gimana yaa…?
aattuuuuuuuuutt…🙂

12 02 2009
Rinie

final test..??? awal na sih emang suatu hal iang sangd berat dimata rinie, soal na na baru iang pertama sihh.. tapi setelah di jalanin, ternyata gag berad2 banged.. gag nyampe 1 ton juga berad na… hhhee

final test terlewati, dengan hasil yg alhamdulillah, cukup memuaskan..
hhhehehhee

al says:

alhamdulillah kalo nilainya rinie cukup memuaskan…
nilaiku walopun menurun semester ini, tapi setidaknya ngga ngecewain…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: